Model Rumah Cluster

16-Apr-2017 19:39     News     Written by Marketing Aquila     Read 159 times.

Model rumah cluster adalah kumpulan bangunan tanpa pagar di perumahan dengan satu pintu gerbang utama sebagai alat control keamanan, dengan membeli rumah cluster berarti tidak boleh memodifikasi tampak depan dengan menambahkan pagar pribadi untuk mempercantik rumah maupun menambah keamanan.

Kondisi ini tentu mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan yang harus ditanggung oleh penghuni komplek perumahan dengan model cluster, apa saja itu? Disini kita akan membahasnya, dan sebagai permulaan kita buat daftarnya sebagai pembuka diskusi tentang desain rumah cluster.

Kelebihan

  • Jenis perumahan ini cocok untuk daerah yang tingkat keamananya tinggi dan sifat gotong royong antar warga cukup besar sehingga bisa saling tolong menolong dalam menjaga keamanan serta kebersihan lingkungan.
  • Setiap pribadi mempunyai tipe model rumah terbaik yang paling diminati, begitu juga dengan model rumah cluster yang tentunya ada yang menganggapnya sebagai jenis rumah idaman terbaik. Bagi yang kebetulan menyukainya maka membeli rumah cluster bisa jadi kebanggan tersendiri.
  • Bisa melakukan penghematan pagar karena tidak perlu membangun pagar pribadi.
  • Perumahan dengan model rumah cluster biasanya lebih diperhatikan dari segi pertamanan sehingga aneka tumbuhan hijau dan bunga-bungaan bisa terlihat indah menyegarkan.

Kekurangan

  • Pada lokasi lingkungan perumahan yang tingkat keamananya rendah maka cukup beresiko jika hanya mengandalkan pagar utama untuk menjaga keamanan.
  • Adanya biaya tambahan untuk menggaji satpam atau security perumahan, namun disisi lain hal ini justru bagus karena bisa menciptakan lapangan kerja baru.
  • Keamanan lingkungan perumahan yang terjamin pada rumah cluster bisa jadi justru disalahgunakan oleh warga dengan memarkir kendaraan sembarangan dijalan sehingga bisa mengganggu tetangga atau pengguna jalan lain.
  • Tidak adanya kebebasan dalam memodifikasi tampilan arsitektur tampak depan rumah sehingga komplek terkesan standar dan seragam.
  • Dalam membeli perumahan harus benar-benar menyukai desain rumah karena untuk menambah pernak-pernik kedepanya khususnya desain pagar bisa jadi tidak memungkinkan kecuali aturan rumah cluster sudah tidak lagi digunakan.

Sumber: http://www.propertiindonesiaku.com

 

back

 

Related News